POLA HIDUP SEHAT ROSULULLOH


POLA HIDUP SEHAT ROSULULLOH. Sehat itu MAHAL, itulah anekdot yang sering dikatakan orang.  Kesehatan tidak terlepas dari pola makan sehat. Kalau kita sakit, kita rela mengeluarkan biaya untuk mengobatinya agar sembuh.  Kenikmatan sehat adalah sesuatu yang sangat bernilai.  Rosululloh bersabda: “ Dua nikmat yang seringkali manusia tertipu oleh keduanya yaitu kesehatan dan waktu luang “ hadist riwayat Bukhari, Imam Ahmad, dan Imam Turmudzi.

Rosululloh bersabda: “ Barang siapa diantara kalian mendapati pagi dalam keadaan sehat wal afiat pada tubuhnya, aman dalam perjalannya, dan memiliki makanan untuk hari yang akan dilaluinya, maka seakan akan dunia ini menjadi miliknya” HR Turmudzi dan Ibnu Majah.

Untuk menjadi sehat maka kita harus memiliki POLA HIDUP SEHAT.  Mari kita mencontoh pola hidup sehat, seperti yang telah dicontohkan oleh Rosululloh.

Pola hidup sehat Rosululloh:

1.       Asupan awal ke dalam tubuh Rosululloh adalah udara sehat di subuh hari.  Beliau bangun sebelum subuh dan melaksanakan qiyamul lail. Para pakarkesehatan menatakan bahwa udara sepertiga malam terakhir sangat kaya dengan oksigen dan belum terkotori oleh zat-zat lain, sehingga sangat bermanfaat untuk mengoptimalisasi metabolism tubuh. 

2.       Di pagi hari Rosululloh menggunakan siwak untuk menjaga kesehatan mulut dan giginya,  Mulut dan gigi merupakan organ tbuh yang sangat berperan dalam konsumsi makanan.  Apabila mulut dan gigi sakit, maka biasanya proses konsumsi makanan menjadi terganggu

3.        Di pagi hari Rosululloh sarapan dengan segelas air putih yang dicampur dengan sesendok madu. Dalam al-qur’an madu merupakan syifaa atau obat.

4.       Masuk waktu dhuha, Rosul senantiasa mengkonsumsi 7 butir kurma matang. Beliau  pernah bersabda “ Barang siapa makan tujuh butir kurma maka akan terlindung dari racun”

5.       Menjelang sore, menu Rosululloh adalah cuka dan minyak zaitun yang dikonsumsi dengan roti.  Roti dicampur cuka dan minyak zaitun berfungsi untuk mencegah kanker, menjaga suhu tubuh dari musim dingin,mencegah lemah tulang, kepikunan di hari tua, melancarkan , menghancurkan kolesterol dan melanacarkan pencernaan.

6.       Di malam hari, menu Rosululloh adalahsayuran.   Secara umum sayuran memiliki kandungan zat dan fungsi yang sama yaitu menguatkan daya tahan tubuh dan melindungi dari serangan penyakit

7.       Rosululloh tidak langsung tidur setelah makan malam.  Beliau  bersabda “ Cairkan makanan kalian dengan berzikir kepada Allah dan shalat, serta janganlah kalian langsung tidur setelah makan, karena dapat membuat hati kalian menjadi keras” HR Abu Nu’aim dari Aisyah ra.

8.       Rosululloh sering menyempatkan diri berolah raga

9.       Rosululloh tidak menganjurkan umatnya untuk begadang.  Istirahat yang cukup dibutuhkan oleh tubuh karena tidur termasuk hak tubuh.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar