BETULKAN AYAT PERTAMA TURUN ADALAH IQRO


BETULKAH AYAT PERTAMA TURUN ADALAH “IQRO”.  Terdapat empat pendapat mengenai  ayat yang pertama turun. Yaitu:

 
1.       PENDAPAT PERTAMA, ayat yang pertama turun adalah Q Surat Al-‘Alaq ayat 1-5.  Sebagaimana dikisahkan ‘Aisyah ra yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari.  Telah dikisahkan oleh ‘Aisyah ra: “ telah datang kepadanya (Rosululloh) kebenaran dan ia sedang di dalalm gua hiro. Maka datanglah kepadanya seorang malaikat, malaikat itu berkata “Bacalah”, Rosul menjawab saya bukan orang yang bisa membaca. Kemudian saya diambil terus disekap sampai saya payah. Malaikat berkata lagi “bacalah”. Rosul menjawab, saya tidak bisa membaca.  Maka saya diambil lagi, disekap untuk kedua kalinya hingga saya payah, kemudian saya dilepaskan lagi.  Malaikat berkata lagi “bacalah” Rosul menjawab saya tidak bisa membaca.  Saya disekap lagi untuk yang ketigakalinya, kemudiank saya dilepaskan.  Makak malalikat membaca   Iqro bismirobikalladzi kholaq-Kholaqoh insaana min alaq-Iqro-warobbukal akrom” Maka kembalilah Rosululloh.  Kejadian tersebut terjadi pada hari Senin di bulan Ramadhon.

2.       PENDAPAT KEDUA, mengatakan: “ Aba Salamah meyakini bahwa ayat yang pertamaturun adalah surat   Ya Ayyuhal Muddassir “ .  Dikisahkan oleh Ibnu Arbani filmashohif   “ saya bertanya kepada Aba Salamah bin Abdur Rohman dari adanya yang pertama sesuatu yang turun dari Al-qur’an , maka jawab Aba Salamah “Surat Ayyuhal Mudzasir  Saya berkata: “ Banyak orang mengatakan bahwa ayat yang pertama turun adalah Iqro bismirobbikalladzi kholaq”  Maka Aba menjawab : “ Saya Tanya kepada Jabirbin Abdulloh soal itu,saya katakana apa yang kamu katakana.  Tapi sahabat Jabir berkata , saya tidak mengatakan kecuali apa yang telah dikatakan kepada saya oleh Rosululloh “  ( Tafsir Ad Durul Mansur jilid 4 hal 280)

3.       PENDAPAT KETIGA mengatakan: ayat yang pertama turun adalah surat Al FAtihah.  Dan kebanyakan pada ahli tafsir mengatakan, sesungguhnya surat pertama yang diturunkan itu adalah surat Alfatihah ( Al Itqon fi Ulumil Qur’an jilid1hal 25 )

4.       PENDAPAT KEEMPAT mengatakan:  ayat yang pertama turun adalah “bismillahir rohmanir rahim”, berdasarkan hadist yang diriwayatkan oleh Al Wahidi dari Ikrimah dan Al Hasan.

LALU PENDAPAT MANAKAH YANG BENAR??  WALLOHU’ALAMU BISHAWWAB !!!  Hanya saja, pendapat yang paling kuat dan memiliki banyak argument adalah pendapat yang pertama.  Selain dari kisah yang diriwayatkan oleh Bukhari dari ‘Aisyah ra,Shohabat Ibnu Abbas, Ibnu Mujahit, Ubaid bin Amir, dan semua mengatakan ayat yang pertama adalah Al-‘Alaq. (kirab ulumul Aur’an jilid II hal 4-5)

1 komentar :