KEISTIMEWAAN ANGKA 19 DALAM AL QUR'AN


KEISTIMAWAAN ANGKA 19 DALAM AL-QUR’AN. Dalam surat-surat dan ayat-ayatNya, Al-qur’an memiliki angka istimewa, yaitu angka 19 ( Sembilan belas ).

APA KEISTIMEWAAN angka 19 dalam al-qur’an tersebut

Keistimawaan angka 19 dalam al-qur’an adalah:

1.       Dalam ilmu matematika, angka 19 merupakan bilangan prima, yaitu bilangan yang tidak bisa dibagi dengan bilangan manapun kecuali dengan dirinya sendiri.  Keistimewaan tersebut melambangkan bahwa sifat-Nya yang serba MAHA tidak dibagikan kepada siapapun kecuali bagi diri-Nya sendiri ( surat ke 112 ayat 3 )

2.       Angkak 19 terdiri dari angka 1 dan 9.  Dalam system perhitungan kita, angka ke 1 adalah angka pokok urutan pertama dan angka 9 adalah angka pokok urutan terakhir.  Hal tersebut menunjukkan bahwa Allah adalah Maha Awal dan Maha Akhir ( Surat ke 57 ayat 3 )

3.       Angka 1 melambangkan sifat-Nya yang Maha Esa ( surat ke 112 ayat 1 ), sedangkan angka 9 sebagai bilangan pokok terbesar melambangkan sifatNya yang ke 38, yaitu Maha Besar

4.       Dalam kalender tahunan komariah ( system peredaran bulan ), tahun kabisat terjadi setiap 19 tahun sekali

5.       Dalam buku atlat anatomi yang disusun Prof Dr Cr P  Raven, bahwa sebagian rangka manusia terdiri dari tulang leher 7 ruas, dan tulang punggung ada 12 ruas, jika  dijumlahkan 19.  Menurut pada ahli biolog,  ke 19 ruas tersebut mempunyai peranan sangat penting bagi setiap manusia, karena di dalamnya terdapat sumsum yang merupakan lanjutan dari otak, dengan syaraf-syaraf yang menuju ke seluruh bagian tubuh.  Adanya gangguan pada ruas tersebut maka  seluruh tubuh akan kehilangan kekuatan.

6.       Selain itu, pada tapak tangan dan kaki terdapat 19 ruas ( mengecualikan ruas-ruas pergelangan tangan )  Tahukah anda bahwa bentuk tapak tangan dan kaki kita mempunyai bentuk kata Allah daam bhasa arab.????

7.       Angka 19 adalah kode matematika yang mkelatarbelakangi komposisi literer al-qur’an, suatu fenomena unik yang tiada duanya yang sekaligus membuktikan bahwa al-qur’an adalah wahyu Allah dan bukan buatan manusia.  Otak manusia tidak akan mampu menciptakan karya literer yang tunduk pada suatu kode matematik yang sekaligus membawa tema utamanya.  Apalagi mengingat turunnya wahyu secara berangsur-angsur, dengan bagian-bagian surat yang acar tidak berurutan, disesuaikan dengan peristiwa-peristiwa yang melatarbelakanginya.

8.       Angka 19 berfungsi sebagai pemelihara keutuhan al-qur’an.  Angka 19 dapat digunakan untuk mengecek apakah dalam sebuah kitab al-qur’an terdapat suatu kesalahan atau tidak, dengan cara menghitung kata-kata krusial yang jumlahnya dalam al-qur’an multiplikatif denganangka 19, kemudian membagi angka hasil hitungan dengan 19, maka akan terlacaklahj ada atau tidaknya suatu kesalahan.  Dengan demikian seluruh isi al-qur’an seutuhnya akan tetap asli  hingga akhir zaman, karena telah disegel oleh Allah dengan angka 19 yang merupakan lambing identitasNya.  Wallahu a’lam bissawab.


“ Sesungguhnya Kami  yang menurunkan al-qur’an dan Kami pulalah yang menjaganya “  (surat ke 19 ayat 9 )


“ Yang tidak datang kepadanya (al-qur’an) kesalahan/kekeliruan baik dari depan maupun dari belakang, yang diturunkan dari Tuhan Yang Maha Bijaksana lagi Maha Terpuji “   (suratke 41 ayat 42)


“Sesungguhnya al-qur’an itu benar-benar firmanNya yang membedakan antara yang benar dengan yang salah “   (surat ke 86 ayat 13)


“Dan bacakanlah apa yang diwahyukan kepadamu yaitu kitab Tuhanmu (al-qur’an ).  Tidak ada seorangpun yang dapat merubah kalimat-kalimatNya.  Dan kamu tidak akan dapat menemukan tempat berlindung selain dari padaNya”   (surat ke 18 ayat 27)



Sekian, sampai jumpa di artikel lainnya. Wassalam

4 komentar :

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Subhanallah, maka beruntunglah mendapat angka itu 19.... semoga mendapat keberkahan juga di dalamnya ....bahagianya karema saya lahir ditgl 19 dan jadi angka favorit saya

    BalasHapus
  3. Subhanallah, maka beruntunglah mendapat angka itu 19.... semoga mendapat keberkahan juga di dalamnya ....bahagianya karema saya lahir ditgl 19 dan jadi angka favorit saya

    BalasHapus